Selasa, 06 April 2010

penertian dan contoh paragraf

Paragraph adalah bagian dari sebuah tulisan yang berisi kumpulan kalimat,paragraph merupakan istilah lain dari alinea.oleh karenanya paragraph dapat diberikan pengertian sebagai suatu bentuk pengungkapan gagasan yang terjalin dalam rangkaian beberapa kalimat.

Jenis – Jenis Paragraph berikut contohnya :

1. Paragraph Deskripsi yaitu paragraph yang menggambarkan dengan jelas dan terperinci,paragraph deskripsi bertujuan melukiskan atau memberikan gambaran terhadap sesuatu dengan sejelas – jelasnya,dalam Paragraph Deskripsi hal – hal yang menyentuh pancaindera ( penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapaan atau perabaan ) dijelaskan secara terperinci.seperti contoh paragraph deskripsi dibawah ini :

Malam itu, indah sekali. Di langit, bintang – bintang berkelip – kelip memancarkan cahaya. Hawa dingin menusuk kulit. Sesekali terdengar suara jangkrik, burung malam dan kelelawar mengusik sepinya malam. Angin berhembus pelan dan tenang.

2. Paragraph Narasi yaitu paragraph yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian. Dalam karangan atau paragraph narasi terdapat alur cerita, tokoh,setting, dan konflik. Paragraph narasi tidak memiliki kalimat utama.
Seperti contoh paragraph narasi dibawah ini:

Kemudian mobil meluncur kembali, Nyonya Marta tampak bersandar lesu. Tangannya dibalut dan terikat keleher. Mobil berhenti di depan rumah. Lalu bawahan suaminya beserta istri – istri mereka pada keluar rumah menyongsong. Tuan budi memapah istrinya yang sakit. Sementara bawahan Tuan Hasan saling berlomba menyambut kedatangan Nyonya Marta.

3. Paragraph Eksposisi yaitu paragraph yang berisi paparan atau cerita yang dilengkapi data – data kesaksian seperti gambar, foto – foto dengan tujuan memperjelas informasi yang disampaikan. Seperti contoh paragraph eksposisi dibawah ini :

Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen, urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.



4. Paragraph Persuasif yaitu paragraph yang berisi himbauan atau ajakan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu seperti yang diharapkan penulisnya.biasanya disertai penjelasan dan fakta – fakta sehingga meyakinkan dan dapat mempengaruhi pembaca tersebut. Seperti contoh paragraph persuasif dibawah ini :

Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong. Selain itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan, pelaksana pendidikan, dan keadaan yang sedang melanda bangsa, tapi semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis. Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional.

5. Paragraph Argumentasi yaitu jenis paragraph yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta atau benar – benar terjadi. Seperti contoh paragraph argumentasi dibawah ini :

Mempertahankan kesuburan tanah merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian. Selama tanaman dalam proses menghasilkan, kesuburan tanah ini akan berkurang. Padahal kesuburan tanah wajib diperbaiki kembali dengan pemupukan dan penggunaan tanah itu sebaik-baiknya. Teladan terbaik tentang cara menggunakan tanah dan menjaga kesuburannya dapat kita peroleh pada hutan yang belum digarap petani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar